ahad, 07 Oktober 2012

hari ketiga kami di Papua.

04.15 yap. kami bangun, dan langsung beranjak ke mushola yang terletak di dekat pintu utama wilayah buper. saat itu kalau tidak salah ada 6 orang akhwat yang shalat. alhamdulillah, setidaknya ada yang masih shalat. hehe

setelah selesai shalat, aku dan temanku ( Sinta namannya) berdiri di luar mushola itu untuk melihat pemandangan pagi disana. Masya Allah, indah sekali, setelah selesai kami kembali ke base camp dan beres beres serta persiapan. oh iya, saat hari ahad, aku bertemu dengan ayah dari temanku yang kebetulan menjadi ketua Basarnas disana. alhamdulillah diajak keliling jayapura euy. hehe

Ternyata, Jayapura mempunyai hari khusus, yaitu hari Minggu. Kenapa? karena mayoritas penduduk disini adalah non-muslim, maka hari minggu digunakan sebagai hari Tuhan. bisa dibayangkan sesepi apa kan disana?

Image

disini ternyata juga baru ada Hypermart yang dibangun

Image

ada juga Gramedia (yang katanya) satu-satunya di kota ataupun wilayah

Image

dan banyaaak lagi (kelamaan upload nya nanti. 🙂 )

walaupun sempat ada konflik pada sesuatu hal, namun akhirnyaa.. selesai. hehe

 

jam 11.30 shalat dzuhur tepat waktu, hanya aku bingung, kok banyak yang menjama’ qashar kan shalat ya? hari ini kan belum dimulai Rainasnya. ah yasudah husnnudzon saja. mungkin memang ada agenda yang lebih padat.

setelah shalat, makan siang, istirahat sebentar kira-kira jam 14.15 kami mendapat panggilan berkumpul dilapangan utama guna mengikuti Gladi Bersih untuk acara Upacara Pembukaan besok (karena dibuka oleh Presiden awalnya), yasudah, kami kesana dengan membawa mukena. hehe.

jam berlalu, tapi kok enggak selesai selesai, jam 16.30 kami memutuskan untuk menghubungi panitia dan izin shalat. Namun, panitia bilang gini,

 

“wah sebentar ya, kakak tanya dulu sama panitia yang lain”

awalnya aku iya iya aja, tapi kok lama lama ga ada respon lagi yaa. akhirya bertanya ulang lah kami

“kak, maaf sudah jam segini, ini kapan selesai  nya kami mau shalat, boleh kami keluar dari lapangan dan pergi keatas?”

kakaknya menjawab, ” wah kalau keatas enggak boleh kak (panggilan ke sesama PRAMUKA adalah kakak, dan pintu masuk dan pintu keluar lapangan satu arah, jadi akan sangat terlihat jika ada yang keluar dan masuk)

 

lalu teman-temanku mundur ke belakang, wah naluri mahasiswa ku muncul kalau lagi gini, aku maju dan bertanya ke kakaknya

“yasudah kami izin ke tenda sana (menunjuk tenda biru yang digunakan sebagai tempat kegiatan), kami harus shalat”

kata kakaknya “wah itu belum ada alasnya.”

kataku ” yasudah kami shalat disana (menunjuk rumah tukang bangunan)”

kata panitia “tidak bisa, tidak boleh oleh mereka.”

 

kataku ” kak, ini sudah jam segini, kami harus shalat, kakak muslim kan?”

katanya” iya kak, tapi kewenangan memberi izin bukan di saya. cob kakak tanyakan ke pihak ***”

kataku (dalam hati : mana kenaaal mana tau no.nyaaa) “yasudah mana kak no.nya atau jika boleh kakak hubungi panitia nya, nanti saya yang berbicara.”

kata kakaknya, “sebentar ya kak. (memencet tombol handphone dan pergi)

zzz. sampai jam 5 tidak ada respon,

kami hampiri kakak panitia yang lain ” kak, kami belum shalat, sudah jam 5, sedangkan maghrib jam 17.30, kami sudha mengubungi *blablablabalblblalbal*”

 

kata kakaknya “kaka belum shalat? kok tadi ga shalat?”

kataku ” kak, kakak memanggil kami jam 14 lewat, kami udah bawa mukena kok, kemarin kan GR hnya sampai jam 4 kak. kenapa sekarang seperti ini, dan apakah boleh menjamak qashar sedangkan tidak ada halangan yang penting?”

kata kakaknya “iya kak, kami tidak ada waktu untuk shalat ashar, jadi kami kira semuanya sudah menjama shalatnya.”

kataku “lho, sekarang silahkan kakak tanya ke wilayah Bengkulu, Bali, Sumatera, Aceh , Jawa tengah yang bru tiba hari ini, mereka juga belum shalat kak. dan tidak baik kak, hanya untuk acara PRAMUKA yang notabenenya adalah DASA Darma yang dipegang pandunya engga shalat ashar cuma untuk ikut Gladi Bersih yang kayak gini. perlu ada evaluasi dari pihak acara dan rohani serta dari K3 untuk hal ini, dan hati-hati kak, saat kakak menyelenggarakan acara, jika ada yang tidak bisa shalat ashar cuma gara gara ini, kakak dan semua panitia akan kami minta pertanggungjawaban enggak hanya disini. tapi di akhirat kelak kak.”

kakaknya cukup terdiam, lalu bertanya “Kamu dari KONDA mana?”

Ku jawab ” Jawa Barat (enggak habis fikir lagian, masa sih enggak shalat cuma buat gladi bersih)

terus datanglh koord. k3 yang berasal dari Papua (sebelum sebelumnya bukan dari Papua)

aku bertanya “kak, kami mau shalat bisa?”

kakaknya menjawab “hmm.. kalian bawa mukena?”

kami mejawab “bawa kak”

kata kakaknya “kami minta maaf silahkan shalat disana, untuk wudhu bisa tayamum, tapi maaf disana masih berantakan.”

kami serempak menjawab “alhamdulillah, terima kasih kak.”

kami lari larian lalu aku ingat, jaket konda sebagai alas shalat kami, arah kiblat dengan kompas, serta kami saling meminjamkan mukena agar bisa shalat ashar serempak.

setelah selesai, kamera ku hilang (dan ada konflik terparah yang cukup diketahui oelh beberapa orang)

saaat malam hari… Yeeeey ada Festival Bakar Batu yang berasal dari Wamena, biasanya digunakan untuk menyambut orang dari luar Wamena, jadi semua makanan (daging, sayur, ubi, jagung) dikubur dalam tanah yang sudah dipanaskan dan dilapisi oleh daun petatas, daun kangkung dkk.. serta bumbu bumbu tiap makanan (biasanya pakai daging babi, tapi karena ada yang muslim, jadi enggak jadi babi nya. hehe) lalu ditutup dengan batu dan dibakar selama 30-1 jam, setelah itu dikeluarkan dan disantap bersama..

 

wiih enaaak sekali,, ukuran semua makanannya 2-3x lipat dari yang di Jawa Barat, kenyang. yaa walaupun ada yang agak agak gimana gitu ( kalau aku makan makan aja. hehe, jarang-jarang kan)

setelah pesta bakar batu bakar, biasanya akan ada tarian sampai pagi. Namun karena ada jam malam bagi peserta dan juga saat itu hujan  jadi kami kembali ke tenda.  hehe

ImageImage

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s