Pola Asuh Anak

“Jangan mengkuatirkan bahwa anak-anak tidak mendengarkan Anda, kuatirkanlah bahwa mereka selalu mengamati Anda” – Robert Fulghum

Selama hampir 3 bulan, saya sedang menjalani Praktek Belajar Lapangan (PBL) atau mungkin KKN untuk fakultas lain.. (Di fakultas kami semester 5-6 itu PBL nya, bukan 6-7). Lokasinya itu berada di Sebuah Kelurahan di Kota Tangerang Selatan. Disini saya, dan 5 orang lainnya melakukan identifikasi penyakit dan intervensi terhadap akar masalah dari suatu penyakit.

Saya jujur sangat terkesima dengan kondisi di daerah ini. Bukan pada kondisi lingkungannya, melainkan pada kondisi dan cara bagaimana seorang anak akhirnya dibentuk dan dididik oleh orang tuanya.

Orang tua, kita sadari atau tidak, adalah seseorang yang memegang peranan sangat penting dalam proses pembentukan kepribadian anak. hal tersebut tergantung bagaimana cara orangua dalam memahami dan memberikan intruksi terhadap anak-anaknya.

ada yang bersikap keras, sangat keras, atau sebaliknya, ada yang lembut sekali, ada yang minta perhatian, ada yang tidak tertarik pada hal apapun, ada yang malu-malu, ada yang suka memukul, ada yang hyper aktif.

Sadar atau tidak, kita akan menjadi orang tua, menjadi seorang ayah atau seorang ibu dari seorang anak. Oleh karena itu butuh persiapan yag tidak sebentar untuk menjadi orang tua, salah satu cara ialah dengan banyak membaca buku dan mengaplikasikan pada anak-anak kecil disekitar kita.

 

#TulisanRandomBanget

 

 

SAM_5565

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s