Sekolah

Beberapa hari yang lalu, perjalanan yang biasanya Rumah-ciputat-sekolah kini hanya menyisakan rumah-sekolah-rumah.

Beberapa hari yang lalu, Rohis sekolah sedang mengadakan agenda lomba rutinan yang dilaksanakan tiap tahun disini, dulu ingat sekali rasanya menjadi panitia, dengan segudang tugas, baru bisa tidur diatas jam 3 dan bangun di bawah jam 04.30, menangis karena soalnya salah fotocopy oleh ikhwannya, ditelfon hingga jam 04.00. Syuro suka berantem antara ikhwan dan akhwat, debat sama pembina, maksa-maksa ketua rohis untuk ngeloby pembina, kerjasama dengan koord kaderisasi ikhwan untuk ngeloby ketua, mencari dana, mencari donatur, keliling sekolah lain, setiap hari kumpul di sekre akhwat, ah semuanya rasanya baru terjadi kemarin.

 

Sekolah

Ia tempat yang selalu membuatku berkembang.. Melewati perjalanan, Meniti setiap jejak hidayah, menemani setiap jejak kebaikan. ya, Sekolah tempat yang menyejukkan.

Sekolah

aku ingat, masa-masa ketika dipanggil wakasek karena dianggap sebagai otak protes siswa, masa-masa ketika aku hanya masuk kelas dan bertanya materi pelajaran, setelah itu keluar dan berdiam di masjid sekolah..

Aku Ingat, masa- masa ketika aku selalu menangis setiap ujian matematika, karena aku yakin nilaiku tidak akan pernah lebih dari angka 5, aku ingat sekali saat itu, karena guru itu sellau meminta bayaran agar nilai bagus, dan aku kekuh tidak, sampai akhirnya guru tersebut yang mengalah, bukan aku.

Aku ingat, masa-masa dimana aku berlari-lari kecil dari kelas atas sampai kelas bawah untuk menemui partner saya, dan kemudian kami memberikan makan kepada ikan-ikan disekitar kolam sekolah

Aku ingat, masa-masa dimana aku super jahil dengan menjahili teman dan akhirnya banyak yang tercebur ke kolam, masa-masa dimana bermain petak jongkok di saat hujan, membersihkan sekertariat, atau hanya saat duduk di kantin Pak E di sekolah.

Tapi aku pun tidak lupa, aku adalah penderita cacar ke 13 di kelas saat kelas XI, diterima olimpiade IT dan matematika namun lebih memilih matematika hingga kelas XII

Disaat yang sama aku juga tidak lupa, masa-masa ketika fitnah melanda, ketika saya menahannya dan akhirnya saya harus meluruskan fitnah tersebut sampai wakil kepala sekolah..

Disaat yang sama aku juga tidak lupa, ketika menyemai rasa bersama teman-teman sekolah yang di NF, ketika mengerjakan soal SNMPTN, aku lebih sering tertawa dan mencari rumus baru yang belum tentu benar dan lebih sering membuat sekitar tertawa, atau disaat kita semua membuat kelas belajar di kelas kita, menjadi penggerak untuk belajar mata pelajaran UAN..?

 

Aku rindu ternyata, disaat harus berlari-lari kecil, disaat menamai ikan-ikan kecil, disaat menikmati gurauan di pelataran masjid sekolah, disaat duduk sendirian di masjid, disaat mengerjakan soal matematika orang lain, disaat dipanggil wakasek, disaat ujian matematika lisan, disaat duduk melingkar dan membahas permasalahan sekolah, disaat menonton film di bioskop, disaat menghabiskan waktu seharian di gramedia, disaat menunggu, disaat pelantikan, disaat menjadi panitia, disaat tertidur didalam kelas, disaat meninggallkan PM UAN di kelas, disaat mengikuti lomba, disaat bermimpi tentang masa depan..

 

tapi aku tahu, kadang rindu itu ada disaat kita ingin memusnahkannya, disaat kita belum menemukan sesuatu yang lebih indah, Mungkin ini saatnya, bukan untuk mengenyahkannya, hanya saja menginginkan ia ada dalam kotak merah hitam yang menjadi kenangan-kenangan indah di setiap masa. mungkin di usia tua, aku sudah tidak dapat mengingat dengan baik memori yang terekam, namun tulisan inilah yang menyatukan puzzle semuanya.

Aku sekarang tak lagi menjadi bagian tertulis dari sekolah, hanya seorang kakak yang sering berkunjung 2-5 jam untuk menemui calon-calon muslimah yang lebih baik dariku, untuk membentuknya perlahan demi perlahan, dan kuharap semoga Allah yang membersamai segala perjalanan.

 

Image

nb. Foto ini ada pensil 2b tahun 2010 🙂 Created by : Koord Kaderisasi ikhwan SMAN 2

Leave a Reply

