Skripsweet #1

Akhirnya, setelah sekian lama menunggu dari semester 1, kata kata”proposal” “magang” dan “skripsi” sudah mulai menghampiri. Agak telat memang, karena seharusnya pembagian bimbingan skripsi dimulai dari semester 6, dan kami baru mulai semester 7. Namun, alhamdulillah, dengan kurikulum paket yang diberlakukan di fakultas, kami sedang berusaha menyusul dengan menggunakan sistem kebut bimbingan.

Penelitian saya awalnya adalah mengenai “Analisis Jajanan anak SD yang mengandung boraks dan dampaknya terhadap kerusakan otak di SD X” yang kemudian (saya sangat ingat sekali) ditolak mentah mentah oleh Kepala Peminatan karena kata beliau “Niken, kalau kamu ambil judul itu, menurut saya untuk orang seperti kamu kurang fenomenal, mendingan diganti aja judulnya menjadi “Analisis Pengaruh Kebisingan terhadap Gangguan Pendengaran dan Kasus Perceraian di Masyarakat pinggiran Rel Kereta Api.”” sebenarnya jujur saya sangat bingung dibeikan judul macam itu. Setelah mencari di beberapa jurnal dan “main” di kampus milik orang akhirnya judul saya menjadi  “Analisis Pengaruh Kebisingan terhadap gangguan Auditori dan Non Auditori pada Masyarakat di Pinggiran rel Jatinegara” .

Oh Iya, untuk pembimbing, Alhamdulillah saya diberikan dua pembimbing, Pembimbing 1 saya adalah seorang Pembantu Dekan 1, Seorang Doktor di bidang Kesehatan Lingkungan, dan memberikan kami (Mahasiswa bimbingan ber 9) setumpuk deadline dan beberapa perjanjian mengenai target magang, proposal dan skripsi kami.

Sedangkan untuk pembimbing 2, beliau adalah seorang Master di bidang epidemiology, seperti halnya seorang perempuan, beliau lebih mengarah ke sistematika penulisan dan etiologi terjadinya penyakit. berbeda dengan pembimbing 1 yang menuntut setiap bimbingan proposal harus sudah selesai sampai bab3, untuk pembimbing 2 beliau lebih mengarahkan ke setiap bab.

Pertemuan pertama kami diisi dengan pengumpulan draft proposal, pembuatan timeline, dan sebagainya, jujur sempat menyulitkan saya, mengingat saya masih memiliki beberapa amanah di kampus dan diluar kampus, masih terikat dengan rumah quran dan sebagainya. Namun Alhamdulillah saya masih bisa untuk membagi waktu waktu saya, dengan “menggadaikan” beberapa agenda pribadi saya > Bahasa apa pula ini -_-”

*Catatan harian seorang penulis (calon) skripsi bala bala*

Leave a Reply

