Kagum

“Pernahkah kamu merasa kagum dengan bangunan lain? sesuatu?”

Begitu tanya bangunan pada lantai.

“Ya aku pernah”

“apa? siapa? apakah seperti sekelompok manusia itu (menunjuk sekelompok manusia di kerumunan  sudut kota)

” entah. Aku hanya mau mengagumi sesuatu yang tepat. Pun Jika harus mengagumi bangunan aku ingin mengagumi bangunan yang tepat.”

“maksudmu? Bahasa mu terlalu bertele tele lan.”

“Benarkah? Ahahaha. Ketika aku mengagumi pemandangan yang ada, aku ingin mengagumi karena pemandangan itu memang layak untuk dikagumi, sama halnya ketika aku mengagumi bangunan lain misalnya, aku ingin mengagumi bukan karena dari bentuk bangunannya, tapi seberapa kokoh ia ketika cuaca buruk datang, seberapa banyak manfaat yang telah diberikan, seberapa sering ia digunakan, pun jika sering, aku mau tahu, bangunan itu lebih sering digunakan untuk kebaikan atau tidak, dan bagaimana reaksinya ketika manusia mencoret-coret dirinya, mengotori sebaguiannya, apakah ia akan tetap terlihat indah atau tidak.”

“Hmm. I see. Lalu..”

“Lalu?”

“Apakah aku termasuk yang kau kagumi lan?”

” 🙂 kamu bisa menjawabnya nan, dari semua jawaban yang ada, apakah kamu termasuk bangunan yang aku maksud? 🙂 ”

“Entahlah”

“Tak penting sebenarnya kagum itu ada atau tidak lan, yang penting kamu bisa bermanfaat untuk manusia. Bahkan bisa jauh lebih bermanfaat dibandingkan aku.”

“Jika nanti ada sesuatu yang kamu anggap itu indah, wah maka kagumlah, namun ada yang kau sadari nan bahwa lantai lain, bangunan lain, pemandangan lain pasti ada kekurangan, dan saat ini kita hanya bisa melihat keindahannya saja. Mungkin jika kamu menetap dalam waktu yang lama, kamu akan menemukan sisi terburuk yang mungkin tak pernah kau lihat.”

 

 

 

 

Bandung, 24 Februari 2015

Ketika akhirnya penulis menemukan bangunan dan lantai yang lain disini. 🙂

 

 

 

Leave a Reply

