Menulis

Setiap orang punya caranya masing-masing untuk menyembuhkan duka. Dan saya memilih untuk menulis.

Nazrul Anwar, 2016

“Kenapa kamu menulis?”

“Karena apa ya, hmm. oiya, kalau nanti aku meninggal lebih dulu, entah di usia muda atau tua, setidaknya ada orang lain yang tahu, kalau aku (si penulis) pernah hidup.”

ahahah, absurd banget ya jawabannya. emang.

Menulis bagi saya adalah salah satu aktifitas terluar biasa yang sangat saya sukai semenjak memasuki dunia perkuliahan. Saat SMA sempat menulis banyak di situs multip*y, tapi karena sekarang sudah berubah fokus, alhasil saya pindah ke dunia blogspot dengan segala keriweuhannya (maklum, blogspot menurut saya lebih ribet euy), setelah itu baru berpindah dan masih menetap di wordpress.

Bagi saya menulis, adalah menumpahkan sisi lain dari diri saya yang tak pernah saya ingin tunjukkan kepada banyak orang lain di dunia nyata. Kalau teman teman saya bilang “Tingkat ke-melankolis-an elu sebenernya tinggi ken, tapi di blog doang, kalau di dunia nyata kelakukannya begini amat.”

“wkwkwkwk”

Iya kah? ah biarlah, tapi memang bagi saya menulis adalah menyampaikan sesuatu yang tak bisa saya sampaikan kepada yang lain melalui kata-kata.

Bagi saya menulis adalah cara saya untuk berkomunikasi dengan diri saya sendiri. Karena saya terkadang harus memenuhi hak atas diri, untuk menetralisir diri.

dan menulis, adalah salah satu cara untuk saya memahami diri……………………

Bekasi, 08-02-2016

7 comments

Leave a Reply

