Perjalanan

“Kadang kamu harus pergi berjalan sendiri tanpa tahu arah untuk sekedar memastikan, bahwa hati kamu masih bisa dipercaya suaranya.”

-Anonymous, 2016-

Bulan ini, entah karena alasan apa, saya memiliki target untuk bisa menemukan jalan lain saat ke kampus, saat berangkat dan saat pulang. Dan alhamdulillah saya bisa menemukan beberapa jalur berangkat dan beberapa jalur pulang.

Perjalanan saya setiap berangkat selalui diawali dengan nyasar dan diakhiri dengan nyasar. Setiap saya bilang ke teman saya kalau saya berangkat 1 jam lebih cepat dari jadwal seharusnya, mereka hanya berkata “lagi kenapa sih ken?” dan saya hanya menjawab “ahahaha”

Entah, tapi saya sedang berusaha untuk mempercayai apa yang hendak hati saya sampaikan. Arah, kecepatan atau bahkan sekedar feeling tentang cuaca. Perjalanan saya selalu sampai entah dimana, tetiba ke harmoni, ke sudirman, bundaran HI, karet, semanggi, blok M, petukangan, Ciledug dan sebagainya. Dan saya sangat menyukai ketika saya harus tersasar, karena saya bisa melihat banyak tempat yang biasanya tak bisa saya lihat ketika malam.

Perjalanan mengajarkan saya juga tentang keberanian. Keberanian untuk mengambil keputusan dengan berbagai risiko yang mungkin belum saya pikirkan seberapa beratnya. Kemungkinan tersasar lebih jauh, ditilang polisi, nabrak, dorong motor sendirian, kelelahan, tapi setidaknya saya banyak belajar. 🙂

Dan seperti biasa ketika orang-orang hanya berkata “Kamu enggak capek apa ken, nyasar, pulang telat, kamu perempuan lho.” respon saya “ahhaha. tapi aku suka.”

Bekasi, 19-02-2016

12.40 Waktu Indonesia di luar planet

2 comments

Leave a Reply

