Jang Yeong Sil

“Dimata saya lelaki keren selain ayah, adalah seorang kriminolog dan seorang ilmuwan.”

-Anonymous, 2016-

“Ken lu suka film korea?”

Wait waiit. hehe

Saya suka (beberapa) film korea, khususnya kisah kisah tentang drama kolosal. Kalau ditanya alasannya kenapa, hmm kayaknya karena setiap orang keliatan lebih cool dan charismatic aja, yang perempuannya kelihatan anggun dan sopan. hehe. Kalau film korea selain itu, biasanya tentang detective atau tentang pekerjaan kayak misaeng (untuk yang genre cinta cintaan saya kurang interest sih. wkwkwk). oke lanjut ya, hari ini niat banget bahas film Jang Yeong Sil yang baru saja selesai saya tonton (dan selesai tayang di korea) beberapa pekan lalu.

Jang Yeong Sil (diperankan oleh Song Il Kook) adalah seorang ilmuwan yang berasal dari kalangan budak. Pada era dinasti Joseon, budak tidak memiliki hak sebagaimana kaum bangsawan dan istana, seperti pendidikan, hak untuk diperlakukan layak, dan sebagainya. Jang Yeong Sil merupakan anak dari kaum terpelajar (scholar) dan seorang pembantu di istana. Masa kecil Jang Yeong Sil diisi dengan membaca sastra, mengamati bintang dan juga ia senang sekali memahat. Pahatan kayunya keren banget lah, bahkan ia pernah membuat binatang binatang untuk memudahkan pembacaan jam di istana (beneran masa kecilnya keren abis).

Waktu terus berjalan, akhirnya ia tumbuh dewasa, ibunya sudah wafat karena sesuatu hal (nah ini kudu nonton langsung lah), sampai akhirnya ia merencanakan kabur dari Joseon untuk pindah ke Ming, perencanaannya sempurna., tapi apa daya, Lee Chun (yang diperankan oleh Kim Do Hyun) selaku teman ayahnya Jang Yeong Sil berhasil menggagalkan Jang Yeong Sil untuk melarikan diri.

Jang Yeong Sil, tumbuh bersama dengan temannya Suk-Koo (yang diperankan oleh Kang Sung Jin). Persahabatan mereka berdua itu keren banget lah, dan bertambah kuat bareng sama Lee Chun. Sweet banget mereka bertiga, dan selalu membuat penonton (saya maksudnya) terkesima; nangis dan ketawa berulang kali.

Setiap episode dalam film ini pasti ada konflik didalamnya,  tapi keren banget sih memang pemikiran Jang Yeong Sil, dari mulai pemikiran tentang bagaimana menggerakkan jam dengan bantuan air, membaca bintang utara, menentukan musim panen dan tanam lewat pergerakan matahari, penentuan gerhana, menghidupkan kembali Astronomical Clock World yang sudah mati selama 300 tahun di dinasti Ming.

Kisah percintaannya juga ada, tapi elegan bangeet, sama Putri Soo Hyun (karena beda strata apa ya), dua duanya malu malu dan finally enggak pernah saling ngungkapin sukanya sampai tua.

Hikmah yang saya tangkap dari film ini antara lain ; setiap orang yang mau melakukan perubahan;sekecil apapun pasti akan ada pertentangan, dan pertentangan itu selalu sebanding sama perubahan yang akan dilakukan, jadi siap siap aja kalau kamu mau melakukan perubahan, pasti bakalan ada pertentangan. Darimanapun.

Hikmah selanjutnya, Orang tua kita baik ayah maupun ibu, punya cara pengorbanan masing-masing untuk anaknya. Walaupun, kadang kadang kita sebagai anak enggak bisa mahamin itu di masa anak-anak, tapi percaya aja kita akan paham suatu saat.

Hikmah yang ketiga (cielah banyak amat hikmahnya udah kayak film H*****h #eh),  asik banget kalau kita memakai sudut pandang lain dalam setiap kehidupan kita, karena bisa jadi kita bisa menemukan inspirasi dari hal-hal yang meenurut orang lain biasa. Find yourself!

Hikmah yang keempat, setiap masa selalu ada pengorbanan. Integritas kita mungkin saja berubah, tapi pada akhirnya kita harus tetap bertahan sama apa yang kita anggap benar, walaupun kematian. Kayak Hee Jae yang enggak mau science dimatikan sama kaum kaum Song Confucianism (yang mengakar bagi kaum terpelajar di era Joseon), dan memilih mengorbankan diri.

Hikmah yang kelima, bermanfaat untuk orang lain. Yap. Jang Yeong Sil dengan segala penemuannya, Raja Sejong dengan penemuan Alphabetnya, apalagi sih tujuan mereka kalau enggak untuk rakyatnya? Enggak ada. Mereka cuma mau, semua rakyat Joseon mendapatkan pengajaran dan kehidupan yang sama terlepas dari strata mereka. Keren banget laah.

Pokoknya ini film high recommended lah, bisa ditonton sama semua kalangan dari mulai bayi sampai orang tua (hahah. kalau debay nya udah bisa nonton ya. #eh), very educated. Kekurangan film ini , film ini masih disajikan dengan subtitle english, jadi kalau ditonton sama anak kecil harus siap buat ngejelasin panjang lebar episode ini maksudnya apa, dsb.

Sebenernya mau spoiler in film ini sampai abis, tapi saya paham banget, di dunia ini banyak banget orang kayak saya (anti spoiler maksudnya. hehe), jadi enaknya nonton sendiri, dan siapin diri banget dengan kisah kisah enggak terduga yang bakalan bikin kamu penasaran untuk terus nonton sampai selesai. Selamat Menonton, dan jangan lupa !

 

Terus bermanfaat untuk orang lain ya 🙂

 

jang yeong sil 1

source : http://www.seriesded.com/korea/jang-yeong-sil/12805.html

ada si emesh Daehan Minguk Manse di ep 4

jang yeong sil 2

http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00097329.html

beberapa adegan di Jang Yeong Sil

jang yeong sil 3

http://www.hancinema.net/hancinema-s-drama-review-jang-yeong-sil–drama-episode-1-90045.html

Advertisements

4 thoughts on “Jang Yeong Sil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s